Memanfaatkan feature DHCP Server di Kerio Control

Apa itu DHCP ? DHCP adalah singkatan dari Dynamic  Host Configuration Protocol, yaitu merupakan layanan yang berfungsi memberikan nomor IP kepada setiap device (komputer, laptop, tablet, smartphone) yang terhubung ke jaringan secara otomatis.

Ada 2 komponen dalam DHCP, yaitu DHCP Server dan DHCP Client. DHCP Server adalah komputer atau device lain yang bertugas memberikan nomor IP, sedangkan DHCP Client adalah komputer atau device lain yang meminta nomor IP ke DHCP Server.

Saat ini, kita akan membahas feature DHCP Server yang ada di Kerio Control.

DHCP Server dapat anda temui di menu Configuration Kerio Control




Mengkonfigurasi DHCP Server

- Centang Option Enable DHCP Server, kemudian buat scope baru dengan menekan tombol Add, pilih yang manual saja agar mudah dimengerti.




- Tentukan nama scopenya dan masukan range IP yang diinginkan. Exclusions digunakan jika anda ingin membooking IP tertentu yang nantinya digunakan secara permanent untuk komputer tertentu, misalkan nantinya digunakan untuk server. IP yang sudah terdaftar didalam Exclusions tidak akan didistribusikan oleh DHCP Server.




-DHCP Option bisa diisi dengan Default gateway, DNS Server dan Lease Time. Lease time disini diisi dengan 0:10, artinya lama peminjaman IP dari DHCP server berdurasi setiap 10 menit sekali.




- Sampai disini scope sudah berhasil dibuat, tampilannya seperti gambar dibawah




- Leases and reservation digunakan jika kita ingin memesan IP tertentu dan hanya digunakan untuk komputer tertentu pula. Anda bisa tekan tombol Add untuk melakukan reservasi IP.

- Pilih reservasi yang diinginkan di Lease Definition, apakah melakukan reservasi berdasarkan Mac address atau berdasarkan Hostname. Dalam contoh ini, penulis memilih reservasi berdasarkan hostnamenya.




- Berikut tampilannya jika sudah melakukan setting reservasi, Klik tombol Apply untuk mengaktifkan DHCP Server.




- Setelah DHCP Server aktif, maka anda tidak perlu melakukan setting IP di komputer yang akan disambungkan ke jaringan. Anda hanya tinggal mencolokan kabel jaringan ke  komputer, maka otomatis komputer akan mendapatkan IP dan langsung terhubung ke jaringan (network) anda.

Demikian konfigurasi DHCP Server di Kerio Control, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Posts:

1 Response to "Memanfaatkan feature DHCP Server di Kerio Control"

Anonymous said...

mantab on, thanks