Cara cepat mengetahui size semua file dan folder

Dalam suatu system komputer, kita pasti akan menemui yang namanya file dan folder. File adalah bentuk data atau informasi yang tersimpan di dalam storage atau harddisk. Biasanya file-file tersebut dikumpulkan dalam suatu wadah yang disebut sebagai folder. 

Banyaknya file atau folder dalam suatu komputer bisa bervariasi, tergantung dari jumlah aplikasi yang diinstall dan jumlah data yang tersimpan. 


Untuk mengetahui besarnya ukuran suatu file atau folder bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah letakan kursor mouse anda pada file/folder yang  ingin dicek ukurannya. Kemudian klik kanan pada mouse anda, lalu klik Properties


Maka akan muncul tampilan properties, size file tersebut dapat langsung kita ketahui.


Untuk melihat size atau ukuran file/folder sangat mudah jika kita cek satu persatu. Lalu bagaimana kalau kita ingin megetahui size semua file/folder yang ada di komputer? Tentu saja sangat merepotkan jika harus cek satu-persatu, mengingat file/folder tersebut jumlahnya sangat banyak.

Kali ini, Tutorial Seputar IT akan membahas cara cepat mengetahui ukuran semua file dan folder yang ada di komputer. Ada aplikasi gratis yang bisa digunakan sebagai tools untuk mengetahui size semua file/folder yang ada di komputer kita dengan waktu singkat. Nama aplikasi itu adalah Folder Size Explorer dan dapat langsung diunduh disini.

Ketika dijalankan, Folder Size Explorer otomatis akan menghitung setiap ukuran file/folder yang ada di komputer. Lamanya proses penghitungan tergantung dari jumlah dan besar data yang tersimpan. Berikut penampakan dari Folder Size Explorer



Nampak ukuran setiap file dan folder yang ditunjuk oleh tanda anak panah. Cepat dan mudah kan....


Bagaimana dengan anda? Apakah ada yang mempunyai cara lebih praktis untuk mengetahui ukuran semua file dan folder di komputer anda? Jika ada, silahkan isi di kolom komentar..


Related Posts:

3 Responses to "Cara cepat mengetahui size semua file dan folder"

JE'ES said...

Info sangat bermanfaat gan, terima kasih!!!

Rudi Antara said...

thx Gan sharingnya!!

Toko Komputer Online Terpercaya di Indonesia said...

Trims ya infonya, bermanfaat sekali.
Boleh dong kunjungan baliknya ke tulisan terbaru saya di Tutorial Memberikan Password pada Folder di Windows 10 atau Cek https://www.agres.id