Memanfaatkan komputer bekas sebagai pengganti router

Stop !!   Jangan buang dulu komputer bekas anda. 

Apabila di tempat anda ada komputer bekas yang sudah tidak dipakai lagi tapi kondisinya masih layak pakai, sebaiknya pikirkan lagi sebelum memutuskan untuk membuangnya. Mengapa ? Mungkin saja komputer tersebut nantinya bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Daripada harus membeli sebuah router yang harganya mahal, dengan bantuan zeroshell maka komputer bekas tadi bisa kita sulap menjadi sebuah router.

Zeroshell adalah aplikasi gratis bebasis Linux yang bisa dipakai sebagai router dengan berbagai feature yang cukup lengkap. Bagaimana zeroshell bisa difungsikan sebagai router? Tutorial Seputar IT akan coba membahasnya sekarang. 

Zeroshell bisa di download secara gratis disiniSebelum menginstall zeroshell, pastikan komputer anda mempunyai 2 ethernet card yang nantinya digunakan untuk koneksi ke jaringan lokal dan jaringan internet.

Mulailah menginstall dari file installer yang di telah anda download tadi. Tentukan IP lokal pada ethernet card 1 (eth00) pada saat installasi. Dalam contoh, saya menggunakan IP = 192.168.0.75, subnet = 255.255.255.0 untuk eth00.

Setelah terinstall dengan baik, zeroshell bisa di akses melalui browser di alamat https://192.168.0.75. Username administratornya adalah admin dan password defaultnya adalah zeroshell



Setelah masuk, ke aplikasi zero shell, langkah selanjutnya adalah memberikan IP Public di ethernet card 2 (eth01) dari menu network. Jangan lupa pula isi gateway dan DNS Server dengan IP yang sudah di tentukan dari ISP anda.

Selanjutnya, setting NAT untuk IP lokal anda (192.168.0.75) di menu router.



Sekarang tinggal melakukan setting IP pada komputer client, arahkan gateway nya ke IP lokal zeroshell (192,168.0.75) dan DNS ke IP ISP anda. Pastikan komputer client pada jaringan dan subnet mask yang sama dengan zeroshell (192.168.0.X/255.255.255.0). 




Sekarang, komputer client sudah bisa connect ke internet menggunakan router dengan zeroshell. Test browsing ke internet untuk memastikannya.

Selamat Mencoba...

Related Posts:

0 Response to "Memanfaatkan komputer bekas sebagai pengganti router"