Menyamakan waktu di setiap komputer dengan Meinberg NTP Server

Dalam suatu jaringan, kadang kita menemukan beberapa dari komputer yang settingan waktunya berbeda-beda. Ada yang berbeda detik, menit, bahkan ada juga yang jam dan tanggalnya berbeda. 

Hal ini terjadi, karena tidak adanya sistem kontrol terpusat yang menyamakan (menyinkronkan) waktu dan tanggal dari setiap komputer. Disinilah perlunya NTP Server sebagai kontrol agar setiap komputer dalam sebuah jaringan mempunyai waktu yang sama.

Apakah NTP itu? NTP adalah singkatan dari Network Time Protokol yaitu suatu protokol yang digunakan untuk menyinkronkan waktu dalam sebuah jaringan lokal (LAN) maupun jaringan internet. NTP bekerja pada port 123 UDP.




Banyak cara membuat NTP Server, salah satunya adalah dengan menggunakan solusi dari Meinberg. Meinberg NTP Server bisa di download disini dan untuk NTP Time Server Monitoringnya bisa di download disini. Meinberg NTP server bisa diinstall di Windows XP keatas.

Untuk install Meinberg NTP Server, cukup double klik pada file yang telah di didownload tadi dan ikuti langkah-langkah dibawah ini :







Agar lebih mudah monitoring NTP Server, disarankan untuk menginstall NTP Server Monitoring. 

Ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini .







Buka aplikasi NTP Server monitoring, kemudian rubah konfigurasi filenya dengan merubah alamat global ntp servernya ke NTP Server Indonesia, seperti gambar dibawah ini





Langkah terakhir, menghubungkan komputer client dengan NTP Server yang sudah dibuat.

Ada beberapa cara agar komputer client bisa connect ke NTP Server, yaitu :

1. Menggunakan perintah NET TIME dari command prompt seperti yang sudah dibahas di posting sebelumnya dengan judul "Tanggal PC tidak sesuai dengan Domain Controller"

NET TIME \\namakomputer_NTPServer /set  /y
 atau
NET TIME \\IPAddress_NTPServer /set /y


2. Konfigurasi di local group policy

Computer Configuration/Administrative Templates/System/Windows Time Service/Time Providers



Configure Windows NTP Client  ke Enabled, masukan IP Address komputer yang buat NTP Server tadi.



Enable Wndows NTP Client juga dirubah ke Enabled



Related Posts:

0 Response to "Menyamakan waktu di setiap komputer dengan Meinberg NTP Server"