Memperkuat sinyal Router Access Point linksys E2000 dengan WDS

Bagi anda pengguna akses point, tentu pernah mengalami masalah dengan sinyal wifi yang lemah. Sinyal wifi lemah di beberapa spot lokasi, tentu sangat menyebalkan karena akan menyebabkan akses yang lambat.

Apa yang menyebabkan sinyal wifi bisa menjadi lemah? 
Bisa jadi ini disebabkan karena lokasi akses point yang agak jauh, terhalang tembok atau disebabkan oleh gangguan-gangguan lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah sinyal wifi yang lemah ini? Cara terbaik adalah dengan menambahkan sebuat penguat sinyal (repeater), sehingga sinyal yang lemah pada lokasi tertentu akan menjadi kuat dan bagus. Salah satu cara untuk membuat repeater adalah dengan cara menggunakan feature WDS (Wireless Distribution System) sehingga sinyal dapat diperkuat tanpa harus menggunakan koneksi kabel data.

Untuk membuat sebuah repeater wifi tanpa kabel, pilihlah akses point atau router wifi yang dapat mendukung WDS. Dalam hal ini, saya menggunakan router wifi Linksys E2000 sebagai percobaannya.

Untuk lebih jelas, lihat konfigurasi Wifi Repeater dengan 2 unit Linksys E2000 ini

    Router Host (192.168.1.1) ⇛⇛ Router Client (192.168.1.2)


1. Setting Router Host

- Siapkan 1 unit laptop.

- Untuk mengaktifkan feature WDS, anda perlu mengganti firmware Linksys E2000 bawaannya menjadi DD-WRT. Anda bisa mendownload firmwarenya disini. Pilih firmware yang ada keterangan "Can be used as initial flash file from the factory default."

 - Setelah firmware diganti ke DD-WRT, connect ke Akses Point dd-wrt dari laptop anda.



- Buka aplikasi DD-WRT akses point di browser dengan alamat ip default Linksys E2000, yaitu http://192.168.1.1. Kemudian catat wireless mac addressnya yang nantinya digunakan untuk didaftarkan pada WDS Router Client yang akan dijadikan Repeater.



- Setting WAN Connection Type diisi denyan IP Address static yang digunakan untuk connect ke Internet, sedangkan Lokal IP Address diisi dengan IP internal. Jangan lupa aktifkan DHCP Servernya, agar device yang connect ke Router Access Point ini bisa langsung mendapatkan IP Address secara otomatis



- Masuk ke menu Basic Setting di Menu Wireless. Tentukan setting wireless, SSID dan channel yang akan digunakan



- Untuk mempermudah, disable security mode terlebih dahulu. Nantinya bisa dirubah ke WPA2 Personal - AES, jika WDS telah berhasil running.



- Kemudian masuk ke menu WDS, lalu masukan wireless mac address router clientnya dengan memilih tipe LAN.




2. Setting Router Client

- WAN conection type untuk IP internet dibuat disable, kemudian tentukan Local IP addressnya (dalam contoh ini : 192.168.1.2). 

- Isi gateway dan local DNS dengan IP Address router host (192.168.1.1)

- DHCP Server tetap diaktifkan, tapi menggunakan range IP yang berbeda dengan host router agar tidak terjadi conflict.



- Untuk WDS, isi dengan wireless mac address host routernya .

- Buka menu Wireless pada menu Status di router client. Klik site Survey, kemudian klik join ke SSID router host



- Sampai sini, WDS telah selesai disetting. 

- Tempatkan router client di lokasi yang sinyal wifinya jelek, cukup nyalakan saja tanpa harus dikoneksi dengan kabel data. Jika sinyal wifi di lokasi tersebut sudah bagus, berarti repeater anda telah berjalan dengan baik.

- Rubah security Mode ke WPA2 Personal - AES menggunakan password yang sama di kedua router agar lebih aman.


Selamat Mencoba...




Related Posts:

0 Response to "Memperkuat sinyal Router Access Point linksys E2000 dengan WDS"