Membuat schedule auto restart pada Windows Server 2008


Biasanya jika ada perubahan setting pada windows, secara default windows akan memerlukan restart agar systemnya bisa berjalan sempurna.Hal tersebut tidak akan terlalu menimbulkan masalah jika yang perlu di restart adalah komputer biasa.

Lalu bagaimana jika yang perlu di restart adalah server?
Hal ini tentu akan menimbulkan permasalahan, sebab server tidak bisa di restart sembarangan. Hal ini disebabkan karena layanan yang disediakan server selalu dipakai user setiap waktu.

Oleh karena itu, untuk melakukan restart pada server, kita harus mencari waktu yang tepat untuk melakukannya. Yaitu pada saat hari libur, dimana user tidak memakai layanan yang ada di server.

Lalu...apakah kita harus meremote server untuk merestartnya? Ataukah kita harus masuk ke tempat kerja hanya sekedar untuk me-restart server? Tentu sangat menyita waktu dan ongkos pastinya.

Daripada waktu dan uang kita habis hanya sekedar me-restart server, ada baiknya kita buatkan saja task schedule agar nantinya server bisa melakukan restart secara otomatis pada waktu-waktu yang sudah kita tentukan.

Cara membuat task schedule restart pada server, baik yang menggunakan windows server 2008, windows server 2012 ataupun windows server 2016 tentu tidak jauh berbeda.

Dalam hal ini, admin akan mecoba menjelaskannya caranya pada windows server 2008.

Step 1 :
Cari program Task Scheduler dengan mengetikan keyword task schedule kolom Search programs and files atau  bisa juga langsung di cari All Program-Acessories-System Tools-Task Scheduler.




Step 2 :
Setelah program Task Scheduler terbuka, lalu klik kanan pada Task Scheduler Library  untuk memulai membuat Task. Pilih Create Basic Task.



Step 3 :
Berikan nama Task dan juga berikan deskripsinya jika perlu.



Step 4 :
Pilih jenis Trigger yang diinginkan. Dalam hal ini, admin memilih One Time sebagai contoh.



Step 5 :
Pilih tanggal dan waktu, kapan proses auto restart akan dilakukan.



Step 6 :
Kemudian pilih Start a program



Step 7 :
Cari file shutdown.exe  di lokasi path C:\Windows\System32\System32\ dengan menekan tombol Browse



Step 8 :
Setelah file shutdown.exe ditemukan, tambahkan /r dibelakangnya. Klik Yes, jika muncul notifikasi.



Step 9 :
Klik tombol finish untuk menyelesaikan



Step 10 :
Jika Task berhasil dibuat, maka akan muncul di Task Schedule Library.


Selesai sudah membuat task schedule untuk auto restart pada windows server...Selamat mencoba.

Related Posts:

2 Responses to "Membuat schedule auto restart pada Windows Server 2008"

Titik Irawati said...

Mau tanya gan, kalau windows server 2008 r2 restart sendiri dalam jangka waktu yang tidak menentu itu kenapa ya ?

goenadji said...

Banyak kemungkinan gan. Bisa jadi processornya panas karena fan kotor atau gel yg menempel antara processor dan heatsink sudah tidak bagus sehingga panas tidak menyebar ke heatsink. Bisa juga karena beban kerja processor yang tinggi karena task yang berlebih. Ini bisa dilihat di task manager untuk melihat performance cpu dan memorinya. Atau bisa disebabkan virus dan hal lainnya. Moga membantu