Mudahnya membuat FTP Server dengan FileZilla

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, yaitu merupakan salah satu protokol internet yang digunakan untuk melakukan transfer data antar komputer dalam suatu jaringan.

Cara kerja FTP menggunakan metode klien server, dimana klien akan melakukan perintah-perintah FTP ke server dan server akan merespon perintah-perintah tersebut. Adapun perintah-perintah  FTP dapat digunakan untuk mentransfer data dari server ke klien (download) atau sebaliknya dari klien ke server (upload). Adapun port standard yang digunakan FTP adalah port 21.

Banyak software aplikasi yang digunakan untuk membuat FTP Server, salah satunya adalah dengan menggunakan Filezilla. Filezilla adalah aplikasi gratis yang bisa di download disini.

Berikut tampilan FileZilla Server



Untuk memulai konfigurasi, create usernya terlebih dahulu dengan mengklik option Users di menu Edit 


Add user Account untuk membuat user baru. Dalam contoh, membuat user dengan nama user1


Kemudian klik menu Shared folders untuk menentukan tempat penyimpanan filenya. Silahkan pilih folder yang akan digunakan untuk sharing data.


Untuk selanjutnya, bisa dilakukan setting akses user terhadap sharing folder yang dibuat tadi. Apakah user tersebut disetting hanya bisa baca saja atau diberikan akses lainnya. Option ini bisa dipilih di menu Files dan Directories.


Untuk membatasi traffic yang digunakan, bisa diatur di menu Speed Limits, sedangkan untuk membatasi IP tertentu saja yang bisa akses ke FTP server, bisa diatur di menu IP Filter.

Oh iya, jangan lupa...supaya FTP Server bisa diakses dari internet, tambahkan IP publik pada komputer yang diinstall FileZilla Server tadi.


Setelah konfigurasi selesai, maka klien bisa langsung mengaksesnya baik dari browser maupun dari aplikasi FTP Client

- Akses dari browser
Masukan IP address FTP server dengan menggunakan protokol ftp, contoh: ftp://192.168.3.16 jika menggunakan jaringan intranet atau menggunakan IP publik jika menggunakan jaringan internet.



Masukan user dan password yang telah dibuat tadi. Jika login sukses, maka akan muncul folder yang ada di FTP Server.



- Akses dari aplikasi FTP client.
Untuk mengakses FTP server, bisa juga menggunakan Ftp client. Ada banyak FTP client yang bisa digunakan, diantaranya adalah FileZilla Client.

Masukan user dan password FileZilla Client. Jangan lupa, port yang digunkan adalah port 21. Klik Quickconnect untuk masuk ke FTP Server.


Setelah berhasil connect ke FTP server, maka akan terlihat folder yang dishare di FTP Server di kolom sebelah kanan.


Untuk download atau mengambil data dari server, sorot mouse ke file atau folder yang ada di FTP Server (kolom sebelah kanan) kemudian drag ke komputer klien (kolom sebelah kiri).

Sedangkan untuk upload data dari komputer klien ke FTP server, lakukan kebalikannya.

Mudah bukan ???   Silahkan dicoba sendiri

Related Posts:

2 Responses to "Mudahnya membuat FTP Server dengan FileZilla"

Unknown said...

FTP has lots of security risks. Binfer is a more secure alternative. See FTP replacement

goenadji said...

well, thanks for the feedback