Melihat konfigurasi jaringan di switch hub dengan LLDP

Melihat konfigurasi jaringan (network) pada jaringan dengan skala yang kecil adalah hal yang mudah. Kita hanya cukup melihat koneksi kabel yang ada dan dengan mudah konfigurasi jaringan bisa cepat diketahui.

Masalah timbul ketika jaringan sudah berkembang besar, jumlah kabel data dan switch semakin banyak, ditambah dengan tidak ada dokumentasinya. Hal ini, tentu saja sangat sulit untuk mengetahui konfigurasi sebuah jaringan (network). Tidak mungkin menelusuri kabel data satu persatu untuk mengetahui konfigurasinya.

Bagi anda yang menggunakan switch hub manageable merk 3Com atau HP, ada solusi untuk mengetahui konfigurasi jaringan (network) dengan cepat, yaitu dengan cara mengaktifkan LLDP. LLDP adalah singkatan dari  Link Layer Discovery Protocol, yaitu protokol yang berguna untuk mengidentifikasi perangkat satu ke perangkat yang lain dalam suatu jaringan. Dengan mengaktifkan LLDP, kita tidak perlu menelusuri koneksi kabel data satu persatu untuk mengetahui konfigurasi sebuah jaringan.


Berikut tahapan untuk melihat konfigurasi network di swicth hub 3Com/HP :

- Setting IP Address switch hub. Ini bisa dilakukan via console atau bisa juga menggunakan IP yang di assign DHCP jika anda mempunyai DHCP Server. Setelah di setting IP Address, anda juga bisa mengaksesnya dari browser dengan alamat (http://ipaddress_switch_hub)

- Aktifkan service Telnet di swith hub. Ini juga bisa di setting melalui browser

- Siapkan tools atau software yang digunakan untuk me-remote switch hub. Kali ini, software yang akan kita gunakan adalah putty. Anda bisa mendownloadnya disini.

- Masuk ke mode CLI (Command Line Interface) dengan telnet menggunakan software putty.



- Setelah masuk ke mode command line, ketikan perintah-perintah berikut untuk mengaktifkan LLDP

Username:admin
Password:
<(Switch10)3CRBSG2893>_cmdline-mode on
All commands can be displayed and executed. Continue? [Y/N]y
Please input password:******
Warning: Now you enter an all-command mode for developer's testing, some commands may affect operation by wrong use, please carefully use it with our engineer's direction.
<(Switch10)3CRBSG2893>system-view
System View: return to User View with Ctrl+Z.
[(Switch10)3CRBSG2893]lldp enable


- Untuk password default admin, biasanya kosong (tanpa password), password default unutk mengaktifkan cmdline biasanya :512900

- Aktifkan LLDP pada semua swicth hub dengan perintah-perintah yang sama

- Setelah LLDP aktif semua, kita bisa melihat perangkat apa saja yang tersambung di setiap switch dengan perintah dibawah ini

<(Switch10)3CRBSG2893>display lldp neighbor-information


- Pada gambar diatas, terlihat kabel data di port 2 terhubung ke switch hub 3Com(3CRBSG2893). Tekan enter untuk menampilkan semua data.

Dengan cara inilah, kita bisa mengetahui konfigurasi jaringan (network) tanpa perlu repot menelusuri kabel data satu persatu.

Related Posts:

0 Response to "Melihat konfigurasi jaringan di switch hub dengan LLDP"